Hanya Sebuah Catatan Kecil

dariku yang bukan siapa-siapa

6 Ketakutan Manusia

Assalamu’alaikum….

Balik lagi ne… Lagi rajin c… Padahal besok banyak pe-er n ulangan. Urusan nantilah itu… HeheheūüėČ

Anyway, topik baru lagi ne. Aku denger 6 buah kata ini dari sebuah acara TV (nama acaranya udah lupa, soalnya udah lama), then aku coba buat mendalami, ternyata bener banget enam kata itu. Hampir semua manusia mengalaminya. Maybe, kalian juga ngerasa gitu????

Oke, to the point aja,,

Manusia pasti punya rasa takut. Biasanya disebut phobia. Ada yg takut ketinggian, takut ular, takut hantu, takut cicak, takut kecoak, and etc. Tapi kalo phobia itu biasanya berbeda2 tiap orangnya. Tapi yang ini, adalah ketajutan yg dimiliki setiap orang. Apa aja yah???? Ni dia:

1. Takut Salah (Takut Melakukan Kesalahan). Tiap orang pasti takut kan kalo apa yg kita lakuin itu salah. Misalnya aja kalo anak sekolah, jawaban ulangannya takut salah, jawaban pe-ernya takut salah. Kalo orang kantoran takut kerjaannya salah. Aku juga seperti itu. Kalo abis ulangan, bawaannya was2 aja. Mikir2 bener ngga ya? Remedial ngga y? dll deh. Tapi sebenarnya hal itu ngga perlu ditakutkan. Kalo kita ngga pernah salah, kapan kita bisa belajar? Mau percaya atau tidak, semua orang belajar dari kesalahan masing2 dan kesalahan orang lain. Kalo kita ngga pernah melakukan kesalahan bagaimana kita bisa belajar menjadi yang lebih baik. Misalnya, kita ngeliat orang nilainya jelek n remedial, pasti kita mikir, gimana ya caranya supaya kita ngga bernasib kayak dia? Pikiran seperti itu adalah sebuah proses belajar. Kita belajar gimana agar kita ngga melakukan kesalahan itu lagi atau supaya kita tidak mengalami kesalahan yang itu juga.

2. Takut Malu. Tiap orang pasti ngga mau kan kalo dipermalukan? Pasti engga lah. Aku juga engga mau. Gila aja, muka jadi merah kayak kepiting rebus, hati kebat-kebit, belom lagi kalo diketawain banyak orang. Beh, rasanya kayak pengen nyemplungin muka dalam mangkok bakso (kalo misalnya lagi makan bakso). Tapi sebenarnya dari ketakutan ini, kita bisa belajar sesuatu, yaitu kita harus lebih hati2 dalam bersikap. Kita jadi mikir, “Gimana ya biar aku ngga malu?”. Selain itu juga, sekali2 malu kupikir ngga apa2. Sekalian melatih mental. Gimana sih rasanya dipermalukan supaya kita ngga mempermalukan orang. Gimana rasanya kalo kita ada di posisi org yang dipermalukan itu. Biasanya kan kalo orang udah dipermalukan, biasanya ada dua opsi: kalo ngga org itu marah, atao dia bakal nyari alasan untuk menutupi kemaluannya (Stop Press: Jangan NGERES! Yang dimaksud bukan kemaluan yg ITU). Misalnya: “Aku emang sengaja kayak gini! Kan katanya mesti dandan yg beda?”.

3. Takut Di Kritik. Kritik itu adalah pertimbangan terhadap sesuatu. Bagus apa engga, layak apa engga, dll. Setiap orang harus mau dikritik supaya bisa introspeksi diri. Berubah kearah yang lebih baik. Sebab biasanya setelah kritik selalu ada saran. Kecuali orang2 yang suka menganggap remeh org lain, biasanya cuma bisa mengkritik tanpa memberi masukan untuk lebih baiknya. Kenapa orang takut di kritik? Karena mereka ngga mau berubah dan takut ketahuan sisi buruknya. Padahal tak perlu takut, karena setiap kritik itu membangun. Walau sepedas apapun kritik itu, sepahit apapun, itu membantu kita untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi nantinya.

4. Takut pada Masa Lalu. Setiap orang pasti memiliki masa lalu, baik itu indah ataupun ngga. Setiap orang biasanya memiliki ketakutan terhadap masa lalu yg buruk. Mereka ingin melupakan masa lalu itu, bahkan ingin menghancurkannya (aku tau orang yg seperti itu). Aku juga punya masa lalu yg bisa dibilang cukup buruk. Tapi engga perlu aku ceritain di sini. Aku sempat punya ketakutan pada masa laluku itu. Tapi itu ngga lama, karena aku berhasil menemukan obatnya, yaitu berdamai dengan diri sendiri. Maksudnya bermai dengan diri sendiri adalah kita harus bisa memaafkan diri kita sendiri yang pernah melakukan kesalahan di masa lalu sehingga menyebabkan adanya masa lalu yg jadi naitmer itu. Selain itu juga, kita harus ikhlas memaafkan orang lain yg juga terlibat dalam masa lalu itu. Maka, setelah itu, kita tak perlu takut dengan masa lalu itu, karena pikiran kita udah jernih dan kita jadi tau gimana menghadapinya.

5. Takut Gagal. Siapa sih yang engga takut gagal. Bisa dibilang inilah ketakutan terbesar manusia. Karena dari takut gagal ini menciptakan 5 ketakutan lainnya. Kalo kita gagal, kita pasti melakukan kesalahan, mendapat rasa malu, pasti dikritik, jadi masa lalu yg suram, dan akhirnya, kita jadi takut untuk mencoba. Sebenarnya ngga usah dipikirin soal gagal ato engga. Kayak yang salah tadi, karena tiap orang itu pasti pernah gagal. Itu harusnya bukan buat disesali, tapi itu harusnya jadi cambuk buat dapetin yang lebih baik. Misalnya nih ya, yg paling sering aja. Kita di tolak ato diputusin, terus si dia udah ngegandeng yang baru, yang lebih yahud. Buat¬†kebanyakan orang kayak serasa kiamat, trus bunuh diri. Mereka merasa gagal. Kenapa harus ngerasa gagal? Toh cewe/cowo di dunia ini lebih banyak kok. Kita bisa cari yang lebih yahud dari gandengannya si dia. Banyak kok yg mau sama kita. Iya ngga?¬†Sebenarnya ada solusi buat menepis takut gagal, yaitu selalu berpikiran positif. Kayak lagunya Kobe tuh: “jangan nyerah gitu dong, coba cari yang lain, di bumi ini gak cuma dia seorang, masih banyak koq yang bisa lebih baik dan mengerti, terima kamu¬†apa adanya… sakit hati bukan berarti mati, pasti semua kan ada hikmahnya, berusaha terus berdoa, anggap saja dia bukan jodohmu…“. Kalo kita berpikir positif, pasti kita ngga akan takut ama yg namanya kegagalan.

6. Takut Mencoba. Ini nih yang juga bikinketakutan yang lain muncul. Awalnya dari takut gagal, terus kalo gagal berarti salah, terus kalo salah pasti malu n dapet kritik akhirnya jadi past nightmare deh. Nah, karena udah kebayang2 yg itu duluan akhirnya kita jadi takut buat nyoba sesuatu yang baru. Aku juga pernah kok takut nyoba. Kayaknya berat banget. Tapi aku coba buat yakin aja. Akhirnya aku bisa. Kalo kamu nemuin sesuatu yang baru (yang positif loh, pastinya) ngga usah takut untuk mencobanya. Mdencoba itu adalah proses belajar kan? Kalo urusan gagal ato ngga, itu urusan nanti, yang penting udah nyoba. Daripada nyesel kalo engga nyoba? Iya kan?

Well, Itu dia 6 ketakutan yang pasti ada di tiap manusia. Aku juga punya enam ketakutan itu. Tapi aku ngga terlalu mempermasalahkan itu, karena life must go on. Kalo kita terus2an memikirkan dan membayangkan tentang ketakutan itu terus, kapan coba kita bisa maju, bisa mengerti. Biar engga nyesal loh, karena hidup itu ngga bisa di rewind.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 21, 2008 by in Pelajaran Hidup.

My Quot

"Apa makna hidup di bumi? Tak bisa dijawab, harus dijalani. Aku adalah diri sendiri. Bukan kamu, bukan dia, bukan mereka. Aku adalah aku.."

My Facebook

My Twitter

My Profile

%d bloggers like this: