Hanya Sebuah Catatan Kecil

dariku yang bukan siapa-siapa

Trilogi Penentuan

Assalamu’alaikum..

Akhirnya.. Saya ingin menulis lagi. Ada kerinduan yang cukup dalam dengan blog ini mengingat saya sedang jenuh dan tidak pernah lagi menulis. Yah, semoga saja dengan tulisan ini saya bisa kembali menulis lagi. Walau pun sedang tidak dalam kondisi yang fit, namun saya ingin menulis lagi di sini (padahal, alasan lainnya karena saya sedang tidak bisa ngapa2in).

Well, kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang kisah dua tahun menjelang tahun ketiga perjuangan saya di kampus yang (akhirnya) merupakan satu2nya kampus negeri di Kepulauan Riau, Politeknik Negeri Batam. Sekarang saya sudah memasuki akhir tahun kedua saya di dunia kuliah. Alhamdulillah sudah memasuki akhir semester 4. Seminggu lagi saya akan mengakhiri semester 4 dan insya Allah masuk ke semester 5, dua semester terakhir saya dikampus ini. Dan ketika semester 5 nanti, saya akan menjalani babak akhir dari trilogi penentuan yang cukup lazim di kampus saya.

Apaan sih trilogi penentuan itu?

Hahahahaha.. Pastinya pada penasaran. Ini adalah salah satu bagian yang pasti dialami oleh mahasiswa program studi teknik informatika di kampus saya. Masa2 yang cukup bikin depresi selama satu semester. Dan hal itu adalah *jreng jreng jreng* Proyek Akhir 1 (PA1), Proyek Akhir 2 (PA2), dan Tugas Akhir (TA).

Kenapa saya bilang cukup bikin depresi? Karena untuk PA, dikerjakan full selama satu semester, dan kalau tidak siap artinya silakan terima nasib kalau tidak akan naik tingkat. SKS nya ada 4. Kalau dapet E, ya sudahlah, silakan mencoba lagi tahun depan. Yang artinya juga, memperpanjang waktu untuk hidup dalam kungkungan kampus. Dan yang agak membuat berat, PA dikerjakan secara paralel dengan tugas2 kuliah lainnya. Harus bisa ngebut dengan PA, dan harus bisa mengimbangi dengan tugas kuliah yang tak kalah banyaknya. Bisa dibayangkan sendiri. Hehehehehehe…

Seperti yang pernah saya ceritakan di salah satu postingan yang ini, saya sudah melewati satu babak dalam trilogi penentuan ini, yaitu Proyek Akhir 1 alias PA1. PA1 ini dikerjakan ketika saya duduk di semester 2. Alhamdulillah, walau pun mengalami cukup banyak rintangan dalam mengerjakan PA1 yang diberi judul “Penerapan Adobe Photoshop dan GIMP dalam Sistem Operasi”, saya dan rekan2 satu kelompok berhasil menyelesaikan proyek tersebut dan mendapatkan nilai akhir A. Dan artinya, saya bisa lanjut ke semester selanjutnya, yaitu semester 3.

Di semester 3 ini memang tidak ada PA, tapi cukup menantang karena jadwal kuliah padat. Okay, I’ll skip this. Soalnya sama sekali ga ada hubungannya dengan trilogi penentuan ini. Then, I’ll go to the next semester. The 4th semester.

Di semester yang keempat ini, saya kembali menghadapi yang namanya PA, yaitu PA2. PA2 ini sedikit lebih rumit dari PA1. Karena waktu PA1 saya hanya disuruh analisis software yang sudah ada, kemudian bikin laporan untuk perbandingannya. Namun disemester 4 ini saya diharuskan untuk membangun sebuah software dari nol dan membuat perancangan detilnya di dalam laporan. Untuk PA2 ini, saya mendapat judul “Automasi Proses Simpan Pinjam Koperasi”.

Well, singkatnya itu adalah software yang membantu petugas koperasi untuk memasukkan data anggota koperasi (data pribadi, data simpanan, dan data pinjaman) secara komputerisasi. Sistem terhubung ke basis data dan semua data yang diinput harus bisa tersimpan ke dalam basis data secara otomatis dan sistem harus dapat melakukan perhitungan serta meng-update data yang berubah ke basis data.

Emang sih saya tidak kerja sendiri. Tapi cukup membuat kesulitan. Karena kurangnya perhatian saya terhadap salah satu matakuliah di semester 3, membuat saya harus mempelajari cara perancangan dari awal secara otodidak. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menguasai cara perancangan yang berorientasi objek tersebut walau pun harus rela menghabiskan waktu untuk browsing mengenai tutorial OOP dari pagi sampai pagi lagi.

Dan PA2 saya kini sudah memasuki tahap akhir. Pada tanggal 7 Juli 2011 ini, saya akan sidang untuk PA2. Sekarang saya harus merapikan laporan PA2 karena cukup banyak bagian dari perancangan yang berubah. Membuat saya harus bekerja sedikit lebih keras untuk mengubah BAB 3, 4, dan 5. Semoga saja bisa selesai dalam seminggu ini. Karena kalau saya berhasil lulus, maka saya telah berhasil melalui dua babak dalam trilogi penentuan dan bersiap untuk masuk ke babak akhir dalam trilogi penentuan ini.

Berbicara mengenai babak akhir dari trilogi ini, tentu semua mahasiswa di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia pernah mengalaminya. Yah, Tugas Akhir. Siapa sih yang tidak kenal tugas akhir? Sebuah perjuangan terakhir demi masa depan (Ceileh…). Dan tugas akhir tak ubahnya UN bagi anak SMA. Bebannya sama, stresnya juga hampir sama, serta kelegaan saat dinyatakan lulus tentu akan sangat sama.

Setahun yang lalu, saya membantu seseorang untuk mencari judul tugas akhirnya. Cukup berat juga karena mencari judul itu tidak mudah. Dan tahun ini, saya akan merasakan sendiri betapa sulitnya mencari judul yang tepat untuk tugas akhir. Mungkin untuk tugas akhir agak berbeda dengan proyek akhir. Kalau PA dikerjakan setiap semester genap, namun untuk TA bisa dipilih ingin dikerjakan disemester ganjil (semester 5) atau di semester genap (semester 6). Dan akhirnya saya memilih untuk mengerjakan TA di semester 5 ini. Alasannya tentu karena saya ingin cepat2 selesai, di samping saya sendiri sudah siap untuk menjalani TA. Bahkan rekan yang akan menjadi partner dalam pengerjaan TA pun sudah saya temukan. Semoga saja saya bisa mengerjakan TA ini dengan lancar.

Dan ketika saya telah dinyatakan lulus dari TA, maka saya telah berhasil melalui babak akhir trilogi penentuan. Dan sebagai hadiah keberhasilan saya dalam melalui trilogi penentuan, maka ijazah kelulusan dari perguruan tinggi akan menemani saya dalam mewujudkan masa depan. Amin..🙂

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 29, 2011 by in My Campus Life.

My Quot

"Apa makna hidup di bumi? Tak bisa dijawab, harus dijalani. Aku adalah diri sendiri. Bukan kamu, bukan dia, bukan mereka. Aku adalah aku.."

My Facebook

My Twitter

My Profile

