Hanya Sebuah Catatan Kecil

dariku yang bukan siapa-siapa

Kapan FIlm Hollywood Masuk ke Indonesia Lagi?

Assalamu’alaikum..

Hmmm.. Hari ini hari Sabtu. Weekend. Tapi udah cukup lama weekend dihabiskan di rumah saja. Kebanyakan dihabiskan untuk fesbukan, ngaskus, dan nonton TV. Udah jarang weekend gini keluar rumah. Biasanya dulu kalau weekend kayak gini, pasti jalan keluar, paling gak nonton di bioskop. Tapi sekarang udah gak pernah lagi. Pasalnya karena film-film yang ditayangkan di bioskop udah gak menarik lagi soalnya kebanyakan film lokal yang “gak beres”. Well, kayak yang udah pernah saya singgung sebelumnya di postingan ini, film Indonesia hanya perang horor, komedi dan porno. Jadinya benar2 tidak minat untuk menontonnya.

Film yang saya suka adalah film Hollywood. Karena filmnya benar2 seru dan tidak rugi untuk menontonnya. Dari awal tahun 2011, saya sudah browsing tentang film Hollywood apa saja yang akan tayang selama tahun 2011. Dan hasilnya adalah film yang keren2 dan beberapa film merupakan film yang saya tunggu2 seperti Kungfu Panda 2, Thor, X-Men First Class, Transformer 3, dan yang paling saya nantikan Harry Potter 7 part 2 sama Twilight Saga : Breaking Dawn.

Tapi sayangnya, saya dan jutaan penduduk Indonesia tidak akan pernah merasakan nonton film-film tersebut di bioskop2 Indonesia karena film-film Hollywood sudah berhenti ditayangkan sejak 17 Februari 2011. Waktu itu sih alasannya karena adanya “kebijakan” baru dari Bea dan Cukai yang “tidak lazim” bagi importir film Hollywood. Namun kemudian isu beralih ke masalah pajak yang ditanggung oleh importir film, yaitu MPA, sebesar 9,4 milyar rupiah yang belum dibayarkan. Pajak yang membengkak  9,4 M tersebut disinyalir karena naiknya pajak dan royalti terhadap film2 luar negeri terutama Hollywood sehingga MPA tidak sanggup lagi untuk mengimpor film2 Hollywood.

Entah kapan masalah ini akan beres. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Indonesia, Jero Wacik, sudah sejak lama menjanjikan bahwa film2 Hollywood akan segera tayang lagi di bioskop2 tanah air. Namun realitanya, hingga saat ini film2 tersebut tak kunjung tayang. Entah masalah apalagi yang masih mengganjal, sehingga penayangan terus ditunda2. Salah satu pihak berkata bahwa pajak 9,4 M itu belum juga dibayarkan, namun pihak lain berkeras bahwa pajak sudah lunas.

Siapa yang salah dalam kasus ini, tidak banyak yang mengetahuinya. Pada akhir Mei lalu, pihak importir dan pemerintah mengatakan bahwa masalah pajak sudah beres dan mulai bulan Juni 2011 film2 Hollywood akan segera tayang di Indonesia. Tapi hingga memasuki bulan Juli, janji2 itu tak ubahnya madu yang pahit.

Para penikmat film di Indonesia sudah mulai resah karena sudah tidak bisa lagi menikmati film2 yang menarik. Angka kunjungan ke bioskop turun drastis sehingga bioskop nyaris sepi, tidak penuh lagi seperti dulu. Hal ini juga saya alami ketika pergi menonton ke bioskop baru2 ini. Film luar yang cukup menarik bagi saya, namun bukan film Hollywood. Terlihat di dalam ruangan teater, kursi yang terisi mungkin hanya seperempat dari total kursi teater. Jarang sekali pemandangan seperti ini terlihat di bioskop. Well, mungkin sebaiknya masalah ini cepat dituntaskan. Kalau tidak, bisa2 pihak Cinema 21 akan segera gulung tikar kalau jumlah penonton terus menurun.

3 comments on “Kapan FIlm Hollywood Masuk ke Indonesia Lagi?

  1. danner
    July 6, 2011

    iya…susah jadi warga indonesia mau nonton aja di persulit..masa harus nonton ke singapore..mendingan beli film bajakan daripada harus kebioskop lihat film lokal..rugiiii..

  2. joe
    July 11, 2011

    setuju banget emang indonesia segala sesuatunya serba dipersulit, pernah saya tanya sama petugas tiket XXI “kapan film hollywood bakal tayang lagi kan sudah ada persetujuan biaya pajak”? petugasnya cuma bilang, pihak hollywood nya sakit hati!! merasa dipermainkan sama pemerintah indonesia!!! percuma studio gede gede 3D pula tapi yang ditayangin pocong sama film erotis gak ada ubahnya dengan film layar tancap! dari pada nonton film lokal mending beli bajakan, maka pedagan bajakan akan berkata “LARIS MANISSSSS!!!!”

  3. chYan
    July 17, 2011

    setuju bgd..
    tapi kyknya film hollywood bakal tayang lagi.. cos hp7 part 2 ma transformer 3 dah masuk waiting list coming soon di web site 21…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 2, 2011 by in My Aspirations.

My Quot

"Apa makna hidup di bumi? Tak bisa dijawab, harus dijalani. Aku adalah diri sendiri. Bukan kamu, bukan dia, bukan mereka. Aku adalah aku.."

My Facebook

My Twitter

My Profile

%d bloggers like this: