Hanya Sebuah Catatan Kecil

dariku yang bukan siapa-siapa

Kita Tidak Harus Hebat Untuk Memulai, Tapi Kita Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat

Assalamu’alaikum..

“Kita tidak harus hebat untuk memulai, tapi kita harus memulai untuk menjadi hebat.”

Mungkin salah satu dari Anda semua pernah mendengar kalimat di atas. Entah dimana. Pertanyaan saya, apakah Anda tertarik dengan sebuah kalimat singkat tersebut?

Terus terang, saya cukup tertarik dengan kalimat tersebut. Sejak pertama saya mendengar, saya merasa kalimat tersebut terdengar hebat, namun jika ditelaah lagi, kalimat tersebut bukan hanya hebat, melainkan luar biasa.

Pertama kalinya saya mendengar kalimat tersebut saat interview calon pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Batam periode 2010-2011. Kalimat tersebut keluar dari mulut Presiden BEM saat itu sebagai pertanyaan untuk saya. “Apa maksud dari kalimat tersebut?”

Jujur saja, saat itu saya tidak terlalu memikirkan kalimat itu. Saya pun menjawab hanya sebatas nalar saya bisa menangkap dalam waktu singkat. “Kalau mau memulai sesuatu jangan nunggu2, kalau memang ingin berbuat, ya berbuatlah apa yang bisa kita buat saat ini.” Begitulah jawaban yang keluar dari mulut saya saat itu.

Namun, kemudian saya memikirkan apa makna yang terkandung dalam sepotong kalimat itu. Mungkin masih banyak yang bisa mengartikan lebih baik daripada saya, tapi inilah yang bisa saya berikan sebagai sepenggal pelajaran.

Dalam hidup, kadang orang sering terlalu banyak perhitungan untuk memulai sesuatu. Sering merasa ketakutan untuk mencoba hal baru. Selalu berkata tidak bisa, bahkan belum pernah mencoba sekalipun. Akibatnya, tak jarang banyak orang gagal duluan sebelum melakukan. Terjatuh duluan sebelum berdiri. Bagaimana tidak? Mencoba saja belum, tapi sudah memikirkan resikonya yang aneh2.

Kebanyakan alasan orang tidak mau melakukan sesuatu adalah karena ia tidak merasa hebat dalam melakukan hal tersebut. Alasannya selalu saja, “Saya tidak begitu jago, yang lain saja ya yang dimintai tolong? Nanti kalau saya gagal kan malu2in..”

Nah, dari alasan tersebut mungkin kita bisa menarik benang merah dari masalah ini. Tidak berani memulai sesuatu karena dia tidak merasa hebat. Saya rasa, setiap dari Anda pasti pernah mengalami ini, bukan? Saya sendiri juga pernah, bahkan sering mengalaminya.

Padahal seperti yang kita tahu, semua hal tidak dapat dimulai dengan instan. Sekali coba langsung berhasil, baru pertama kali melakukan langsung sempurna. Saya belum pernah mendengar ada orang yang bisa melakukan hal seperti itu. Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, semua dimulai dari nol, berawal dari hal yang amat sangat kecil. Yang kemudian berproses hingga kita mampu melakukan hal yang besar, hingga kita bernilai tinggi di mata orang banyak.

Jika kita ingin memulai sesuatu, jangan pernah berpikir bahwa kita tidak bisa melakukannya karena kita tidak memiliki keahlian dalam apa yang akan kita lakukan. Karena bila kita berpikir seperti itu, maka kita tidak akan pernah sampai ke atas puncak kesuksesan.

Kita takkan pernah tahu apakah kita bisa bila kita sama sekali belum pernah mencoba. Ketakutan akan hal yang tidak kita ketahui itu sebenarnya pikiran amat bodoh. Karena setiap dari kita diciptakan dengan akal-pikiran yang sama. Hanya bagaimana kita mengolah diri sehingga kita memiliki kelebihan di bidang tertentu.

Mulailah apa yang ingin Anda mulai sekarang, walaupun Anda tidak memiliki modal apa2 selain kemauan serta keyakinan yang kuat. Tidak perlu menunggu kita mampu, tapi kitalah yang harus memulai untuk menciptakan dan menunjukkan bahwa kita mampu. Bila kita tak pernah mau memulai karena merasa kita tidak hebat, maka selamanya kita hanya akan terpuruk dalam jurang yang gelap. Tapi bila kita berani memulai dari nol, maka kita pasti akan mencapai puncak kesuksesan dan kita akan menjadi hebat karena untuk mencapai sebuah tempat yang indah, dimulai dari langkah pertama untuk berangkat ke sana.

2 comments on “Kita Tidak Harus Hebat Untuk Memulai, Tapi Kita Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat

  1. numa
    April 29, 2012

    jadi ingat masa2 kepengurusan saat itu..
    merangkul mereka yang terbaik untuk bergabung dalam satu wadah berkarya..

    semangat n sukses selalu chyan.. n_n

  2. chYan
    April 30, 2012

    wah, pak bosnya dateng…
    sama2 bg.. terimakasih jga atas semua motivasinya selama kepengurusan..
    n_n

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 27, 2012 by in Pelajaran Hidup.

My Quot

"Apa makna hidup di bumi? Tak bisa dijawab, harus dijalani. Aku adalah diri sendiri. Bukan kamu, bukan dia, bukan mereka. Aku adalah aku.."

My Facebook

My Twitter

My Profile

