Hanya Sebuah Catatan Kecil

dariku yang bukan siapa-siapa

Kuliah Tak Sekedar Mengejar Toga Wisuda

Assalamu’alaikum..

Hidup Mahasiswa!!!

Bukan berarti toga tidak penting, namun yang penting adalah kemampuan yang didapat dalam kehidupan kampus.

Apa yang terpikirkan dibenak rekan- rekan semua jika ditanyakan apa tujuan kuliah? Apakah kuliah itu jalan lain menuju kesuksesan? Agar mudah mendapat pekerjaan? Atau mungkin karena ingin membahagiakan orangtua dengan gagahnya toga wisuda?

Apapun jawaban yang rekan-rekan lontarkan, tidak akan ada yang salah karena jawaban itu berasal dari hari rekan-rekan semua. Namun, yang harus ditanamkan dalam diri kita masing-masing  bahwa tujuan kuliah bukan hanya mengejar toga dan gelar ”Dengan Pujian” atau “Cum Laude” saat wisuda. Kuliah tidak melulu harus diisi dengan duduk manis di kelas sehari penuh, memelototi buku-buku tebal, bergaul dengan berbagai rumus dan hafalan, atau mengerjakan tugas. Kuliah tidak harus selalu identik dengan kejar mengejar nilai yang seringkali terjadi pada saat kita masih duduk di bangku sekolah, baik di SD, SMP, dan SMA.

Kuliah pada hakikatnya merupakan suatu dunia dimana mahasiswa mampu mengembangkan potensi dirinya secara penuh, tidak hanya hard skills yang berupa segala ilmu yang dipelajari pada saat sesi perkuliahan, tapi juga soft skills yang tidak cukup untuk didapat pada sesi perkuliahn. Soft skills adalah kemampuan dalam bentuk sifat dan kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi bahasa, kepemimpinan, serta optimisme yang terkait dengan hubungan antar individu. Jika hard skills erat kaitannya dengan akademik, maka soft skills erat kaitannya dengan non akademik.

Di dunia kerja saat ini, tidak hanya membutuhkan lulusan yang memiliki hard skills yang tinggi, tapi juga membutuhkan lulusan yang memiliki soft skills sebagai kemampuan berinteraksi dengan pekerja yang lainnya. Selain itu, soft skills dibutuhkan sebagai parameter penilaian kepribadian yang akan memberikan nilai plus pada saat wawancara kerja atau pada saat penaikan jabatan.

Selain di dunia kerja, soft skills juga dibutuhkan di dunia usaha. Bagi mahasiswa yang lebih tertarik berwirausaha daripada bekerja, perlu meningkatkan soft skills-nya karena soft skills sangat berpengaruh dalam manajemen usaha dan marketing. Jika komunikasi dan kepribadian kita buruk, sulit untuk bisa mengembangkan usaha menjadi lebih maju. Walaupun punya modal besar, tapi tidak memiliki kemampuan tambahan yang mampu menjual produk yang ditawarkan, maka hasil usaha tersebut akan sia-sia.

Dimanakah kita bisa mengembangkan soft skills?? Jawabannya adalah melalui ORGANISASI. Dengan mengikuti dan menghayati pentingnya organisasi kampus, maka kita dapat mengembangkan diri dengan berbagai soft skills yang bisa didapat melalui pembelajaran di organisasi .

Jadi, kuliah itu tidak hanya untuk mengejar nilai dan toga wisuda, tapi kuliah adalah gerbang menuju dunia kehidupan yang sebenarnya. Selagi masih kuliah, perbanyaklah hard skills dan soft skills kita dengan belajar yang baik ditambah dengan keaktifan organisasi agar keduanya seimbang.

*dimuat juga dalam Harian Kabar Indonesia Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 22, 2012 by in My Campus Life.

My Quot

"Apa makna hidup di bumi? Tak bisa dijawab, harus dijalani. Aku adalah diri sendiri. Bukan kamu, bukan dia, bukan mereka. Aku adalah aku.."

My Facebook

My Twitter

My Profile

%d bloggers like this: